6 Tips bagi Penjual Kue Basah agar Dagangannya Tidak Cepat Basi: Perhatikan Kualitas Bahan hingga Kemasan

6 Tips bagi Penjual Kue Basah agar Dagangannya Tidak Cepat Basi: Perhatikan Kualitas Bahan hingga Kemasan

Tips agar kue basah tidak cepat basi--Picture by www.bernas.id

Menentukan tanggal kedaluarsa pada makanan melibatkan beberapa metode dan pertimbangan. Berikut adalah cara-cara yang umum digunakan. 

Tanggal kedaluarsa biasanya dicantumkan pada label kemasan makanan. Ini adalah tanggal yang ditentukan oleh produsen berdasarkan analisis stabilitas produk. Tanggal ini menunjukkan batas waktu di mana produk masih dianggap aman dan berkualitas baik untuk dikonsumsi.

Produsen sering menggunakan metode analisis stabilitas, seperti model Arrhenius, untuk menentukan umur simpan produk. Metode ini mempertimbangkan faktor-faktor seperti suhu dan kelembaban yang dapat mempengaruhi kualitas makanan.

Setiap produk memiliki waktu ketahanan yang berbeda, yang ditentukan berdasarkan jenis bahan, cara pengolahan, dan penyimpanan. Waktu ketahanan ini membantu dalam menentukan tanggal kedaluarsa.

Di banyak negara, ada regulasi yang mengharuskan produsen untuk mencantumkan tanggal kedaluarsa pada kemasan makanan.

Misalnya, di Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA) memberikan pedoman tentang cara menentukan dan mencantumkan tanggal kedaluarsa.

BACA JUGA:Ternyata ini Faktor yang Bikin Makanan Cepat Kedaluarsa: Susu, Sayuran, hingga Makanan Cepat Saji

Beberapa produk juga mencantumkan kode produksi yang dapat membantu dalam menentukan tanggal kedaluarsa. Kode ini biasanya berisi informasi tentang tanggal produksi dan masa simpan.

Dengan memahami cara-cara ini, Anda dapat lebih mudah menentukan apakah makanan masih aman untuk dikonsumsi atau tidak.

Mengetahui waktu kedaluarsa sebuah makanan penting dilakukan bagi seorang pedagang, terkhusus penjual kue basah. Berbeda dengan penjual snack kering, jangka waktu kedaluarsa akan lebih lama dibanding kue basah seperti kue lapis, risol, bacang, dan lain-lain. 

Tips bagi Penjual Kue Basah agar Makanan Tidak Cepat Basi

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu penjual kue basah agar makanan yang dijual tetap segar dan tidak cepat basi:

1. Pilih Bahan Berkualitas

Gunakan bahan-bahan segar dan berkualitas tinggi. Bahan yang sudah mendekati tanggal kedaluwarsa dapat mempercepat proses pembusukan kue.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: